Follow me on Twitter RSS FEED

Nasihat Untuk Kaum Muslimin

Posted in
BEBERAPA NASIHAT BAGI KAUM MUSLIMIN
Pada Artikel kali ini akan Saya bawakan beberapa nasihat dan petunjuk apabila anda mempraktikkannya dan berusaha untuk menjaganya dalam kehidupan sehari-hari niscaya anda akan mendapatkan kenikmatan yang sangat luar biasa. Yang akan merubah kesengsaraan menjadi kebahagiaan, kesusahan menjadi kesenangan, bahkan anda akan merasakan adanya pandangan lain terhadap kehidupan ini dibanding sebelumnya.
Di antara mutiara nasihat ini yaitu :

TENTANG PERKATAAN.

1. Jauhilah banyak bicara tentang hal-hal yang tidak bermanfaat.

Allah I berfirman: "Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan mereka, kecuali bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma`ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia"
(QS.4:114)
Dan ketahuilah bahwasannya di sana ada yang mengawasi dan mencatat segala ucapan anda, seperti dalam firman-Nya:
"Seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir".
(QS.50:17-18).
Maka hendaklah anda berbicara seperlunya saja sekiranya dapat memenuhi maksud dan tujuan dari pembicaraan itu dan tidak perlu panjang lebar yang menyebabkan terjerumus ke dalam kesalahan dan dosa.

2. Bacalah Al Qur an

Rajinlah membaca Al-Qur`an Al-Karim dan hendaknya anda mempunyai dzikir dan wirid rutin setiap hari yang diambil dari ayat-ayat Al- Qur`an, serta berusahalah untuk menghafal semampunya supaya memperoleh pahala yang agung kelak di akhirat. Sebagaimana sabda Nabi :
"Akan dikatakan kepada para ahli Qur`an (pada hari Kiamat) : Baca dan naiklah serta bacalah dengan tartil (bagus) sebagaimana engkau membacanya di dunia, karena sesungguhnya tempatmu adalah di akhir ayat yang kamu baca (hafal) " Hadits Sahih Sunan Turmudzi.

3. Janganlah menceritakan segala sesuatu yang anda dengar.

Karena Rasulullah e sangat mencela perbuatan yang demikian. Dalam sabda beliau:
"Cukuplah seseorang dikatakan pendusta apabila ia menceritakan segala sesuatu yang ia dengar" HR. Muslim( 5 )

4. Janganlah berbangga dan sombong dengan sesuatu yang bukan milik anda.

Dari Aisyah bahwasanya seorang wanita berkata kepada Rasulullah e "Aku berkata bahwasanya suamiku telah memberikan kepadaku sesuatu yang sebenarnya dia tidak memberikannya padaku, Rasulullah e bersabda: "Orang yang berbangga dengan sesuatu yang sebenarnya dia tidak miliki, bagaikan orang yang memakai pakaian kedustaan" Muttafaq`alaihi.


5. Perbanyaklah dzikir.

Sesungguhnya dzikir kepada Allah memberikan dampak yang sangat positif pada kehidupan seorang muslim, baik secara jasmani, rohani, pribadi, maupun sosial. Maka usahakanlah untuk banyak berdzikir dan mengingat Allah I di setiap waktu dan tempat. Sungguh Allah I telah memuji hamba-hamba-Nya yang mukhlis dalam firman-Nya:
"Mereka itu adalah orang-orang yang selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan di waktu mereka berbaring (untuk tidur)"
(QS.3:191.)

6. Jangan sombong dalam perkataan.

Apabila anda ingin berbicara maka janganlah sombong, difasih-fasihkan dan dibuat-buat, karena yang demikian itu sangat dibenci oleh Rasulullah e seperti dalam sabda beliau:
"Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari Kiamat adalah; orang yang banyak bicara, dan orang yang mempersulit pembicaraan (supaya dikira sebagai orang pandai), serta orang yang sok berlagak fasih" HR. Tirmidzi dalam kitab sunannya.


7. Banyak diam dan tidak suka tertawa.

Hendaklah anda mencontoh Rasulullah e dengan banyak diam dan banyak berfikir, serta tidak banyak tertawa. Diriwayatkan dari Sammak dia berkata: Aku bertanya kepada Jabir bin Samurah Ra. Apakah engkau pernah menyertai Rasulullah e? dia menjawab: "Ya, beliau itu lebih banyak diam, sedikit tertawa, dan kadang kala para sahabatnya membacakan sya`ir atau membuat lelucon sehingga mereka tertawa, sedangkan Rasulullah hanya tersenyum saja" HR. Ahmad dalam musnadnya.

8. Jangan memotong pembicaraan orang.

Janganlah sekali-kali anda memotong orang yang sedang berbicara, atau meremehkannya. Akan tetapi dengarkanlah dengan baik dan jika ingin membantahnya atau meluruskan perkataannya maka lakukanlah dengan baik dan sopan, karena yang demikian itu adalah merupakan akhlak yang sangat baik dan terpuji.

9. Janganlah suka mengejek orang lain.

Jauhilah sifat suka mengejek pembicaraan orang, apalagi jika dia itu orang yang suka keliru dalam mengucapkan kalimat atau orang yang gagu/cadel. Allah I berfirman: "Wahai orang- orang yang beriman, janganlah sekelompok kaum mengejek kelompok yang lain, boleh jadi kelompok yang diejek itu lebih baik dari yang mengejek. Dan janganlah sekelompok wanita mengejek wanita yang lain karena boleh jadi wanita yang diejek itu lebih baik dari yang mengejek." (QS.49:11)


10. Mendengarkan Al Qur` an.

Jika anda mendengar bacaan Al-Qur`an, maka hentikanlah pembicaraan apapun sebagai adab terhadap kitabullah yang mulia sebagimana firman Allah I :
"Dan apabila dibacakan Al-Qur`an maka dengarkanlah dan diamlah supaya kamu mendapatkan rahmat (dari Allah)".
(QS. 7:204)

11. Berfikirlah sebelum bertuturkata.

Pikirkanlah kata-kata yang akan anda ucapkan, dan usahakanlah untuk bertutur kata yang baik jauh dari dosa dan kemaksiatan yang akan menyebabkan kemurkaan Allah I. Karena setiap ucapan itu akan dipertanggungjawabkan kelak, betapa banyak perkataan yang menyebabkan pengucapnya masuk sorga
sebagaimana banyak pula yang menyebabkan penuturnya masuk ke jurang api neraka. Nabi e telah mengingatkan dalam sabdanya :
"Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan pembicaraan yang menyebab-kan keridlaan Allah sedang dia tidak memperhatikannya, kemudian Allah ang-kat derajatnya karena perkataan tersebut, dan sesungguhnya seorang hamba yang berbicara dengan pembicaraan menyebabkan kemurkaan Allah sedangkan dia tidak memperhatikannya kemudian Allah memasukan dia kedalam jahanam (oleh sebab ucapannya itu)". HR. Bukhari/6478.

12. Gunakan lisanmu untuk beramar ma`ruf dan nahi mungkar

Allah I berfirman: "Tidak ada kebaikan pada bisikan-bisikanmu kecuali bisikan yang memerintahkan untuk bersedekah, atau mengajak kepada yang ma`ruf dan mendamaikan antar manusia (yang bersengketa)" (QS.4:114. )

TENTANG MENUNTUT ILMU

13. Menuntut ilmu adalah merupakan jalan kemuliaan
Dari Syafa binti Abdillah t . Rasulullah e masuk ke rumah -sedangkan saya berada dirumah Hafsah maka Beliau bersabda : "Tidakkah engkau ajari wanita ini -wahai Hafsah- tentang pengobatan karena disengat serangga/ semut (dengan Al-Qur an pent.) sebagaimana engkau ajari dia menulis ?" HR. Ahmad. 


14. Tujuan dari belajar bukan untuk memperoleh ijazah atau pekerjaan. 

Akan tetapi belajar adalah untuk memperoleh ilmu tentang diin(agama) dan mengetahui hukum-hukum Allah serta bisa membaca Al Qur an dengan baik dan benar, sehingga dapat beribadah dengan benar berdasarkan ilmu dan pengetahuan. Sebagaimana maksud dari menuntut ilmu adalah untuk mengetahui metode edukasi yang benar, seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah e, sahabat-sahabatnya dan para salafushalih dalam kehidupan mereka supaya para wanita itu hidup dalam kebahagiaan dan ketenangan.

15. Tawadhu' ( rendah hati )
Hendaklah anda selalu tawadlu` ( rendah hati ) setiap kali ilmu saudari bertambah. Karena jika tidak demikian maka ilmu tersebut justru akan menjadi bencana nantinya.
Dari Ka`ab bin Malik t berkata Rasululullah e bersabda:
"Barangsiapa yang mencari ilmu dengan tujuan untuk menandingi para ulama, atau menantang orang-orang yang bodoh, dan supaya dipuji oleh manusia, maka Allah akan memasukkannya ke neraka" (HR. At Tirtmidzi, shahih).

TENTANG PENDENGARAN

16. Jauhilah dari mendengar nyanyian, musik dan perkataan-perkataan yang fahisy (kotor dan keji).

TENTANG PAKAIAN

17. Anda adalah seorang muslim, maka hendaklah anda berpakaian dengan pakaian yang sesuai Syari'at Islam.


18. Hati-hatilah dari ajakan syaithan, yang membujuk anda untuk memakai pakaian-pakaian pendek dan menampakkan aurat dengan alasan praktis dan mengikuti mode dan perkembangan zaman., karena ini adalah merupakan cara-cara musuh Islam untuk menyesatkan kaum muslimin.

TENTANG HUBUNGAN KEMASYARAKATAN

19. Hindarilah dari mendatangi majlis-majlis suu` (dosa), serta bergaul dengan ahlinya. Dan bergegaslah untuk mendatangi tempat-tempat yang baik dan majlis ilmu.

20. Jika anda duduk menyendiri atau bersama beberapa teman yang lain, hendaklah selalu berdzikir kepada Allah dan mengucapkan kata-kata yang baik serta bermanfaat. Rasulullah e bersabda:
"Barangsiapa yang duduk di suatu majlis kemudian ia tidak berdzikir kepada Allah di dalamnya maka hal itu akan menjadi penyesalan baginya, dan barangsiapa yang berbaring di suatu tempat kemudian ia tidak berdzikir kepada Allah kecuali hal itu akan menjadikan kerugian dan penyesalan baginya." Silsilah Al Ahadits As-Shahihah, 78.

21. Jauhkanlah majlismu dari ghibah (mengunjing) dan namimah (mengadu domba) sebagai ketaatan kepada Allah dan takut atas siksaan-Nya, karena kedua perbuatan itu merupakan akhlak yang sangat buruk dan dicela oleh Allah I :
"Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain, apakah suka salah seorang di antara kamu untuk memakan bangkai saudaranya, (pasti) kamu akan membencinya".
QS. 49: 12

22. Memberi nasihat di majlis, apabila salah seorang di antara orang yang hadir di majlis mengucapkan kata-kata yang kotor dan dosa, maka anda berkewajiban untuk menasihatinya dengan baik setelah ia selesai berbicara.

TENTANG KEPUSTAKAAN

23. Usahakanlah untuk membuat perpustakaan di rumah, kumpulkanlah buku-buku yang bermanfaat dan bagus, sehingga anda bisa membikin perpustakaan yang akan bermanfaat bagi para pengunjung. Karena buku adalah warisan yang sangat bermanfaat bagi setiap penuntut ilmu dan merupakan sebaik-baik teman duduk kita.

24. Jauhilah bacaan-bacaan yang tidak bermanfaat, apalagi bacaan-bacaan yang berbahaya dan merusak, seperti majalah porno, buku-buku yang menyebarkan pemikiran-pemikiran yang merusak aqidah dan pemahaman yang benar, serta buku-buku yang meracuni akhlaq para generasi muda Islam.

25. Hendaklah perpustakaan anda menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh segenap lapisan masyarakat dan bisa memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Karena setiap muslim dan muslimah butuh untuk mengetahui hukum-hukum syar`i, khabar-khabar dunia Islam, perkembangan kaum muslimin dan kesulitan yang mereka hadapi, serta sarana-sarana pendidikan yang mereka butuhkan dalam mendidik anak dan keluarganya.

26. Jika anda mengetahui sebuah buku yang bagus, ajaklah teman-teman yang lain untuk membacanya. Dan apabila mendapatkan buku yang membahayakan maka beritahukan pula kepada mereka untuk menjauhinya dan jangan sekali-kali membacanya.

27. Membaca adalah merupakan sarana yang sangat penting untuk memperoleh bekal ilmu pengetahuan, oleh karena itu pergunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk banyak membaca sehingga dapat menambah bekal ilmu pengetahuan dan cakrawala berfikir anda.

TENTANG BEPERGIAN KE PASAR

28. Janganlah anda suka pergi ke pasar jika ada yang bisa memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Akan tetapi jika terpaksa untuk pergi, maka usahakanlah untuk secepatnya pulang jika telah selesai urusannya. 

29. Jika anda pergi ke pasar maka hindarilah memakai wangi-wangian, perhiasan dan pakaian yang warnanya menyolok serta menarik perhatian laki-laki.
Dari Abu Musa Al Asy`ari. dari Rasulullah e bahwa beliau bersabda :

" Apabila wanita memakai wangi-wangian kemudian pergi kesuatu kaum supaya mereka mencium aromanya maka wanita itu adalah begini dan begini (yakni berzina)" HR.Ahmad juz IV/No. 400. Dan hendaknya berpakaian yang longgar dan menutup seluruh badan.

30. Apabila anda berada di pasar atau di jalan, maka janganlah mengumbar pandangan, karena mata adalah sumber berbagai macam kemaksiatan. Dan jika telah mendapatkan apa yang dibutuhkan maka janganlah banyak mengobrol dengan para pedagang, karena hal itu bisa mengurangi rasa malu dan menimbulkan fitnah.

31. Jika anda melihat kemungkaran di pasar atau di jalan maka wajib mengingkarinya sekalipun hanya dengan hati. Jika mampu maka (ingkarilah) dengan lisan atau tangan. Allah I berfirman :
"Orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain, mereka menyuruh kepada yang ma`ruf (baik) dan mencegah dari yang mungkar". QS. 9: 71

32. Sebagian orang senang pergi ke pasar tiap hari dengan pakaian yang tidak sopan. Maka janganlah anda termasuk dari kelompok orang seperti itu, karena hal dapat dapat menghilangkan muru'ah ( kesopanan ) kita senagai seorang muslim.


33. Sayangilah dirimu dan keluargamu serta kasihanilah mereka. Maka janganlah anda membeli sesuatu kecuali sesuai dengan kebutuhan. 

BANYAK BERDO`A

34. Kita semua adalah hamba yang lemah dan sangat membutuhkan pertolongan Allah I . Maka perbanyaklah berdo`a dan memohon ampunan, taufiq dan hidayah-Nya, serta kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah e bersabda yang artinya :
" Sesungguhnya Rabb kalian adalah Maha Pemalu dan Maha Mulia, Dia malu dari hamba-Nya yang mengangkat kedua tangannya (berdo`a) kemudian menurunkannya dengan hampa (tidak dikabulkan permohonannya) ".
HR. Ibnu Majah, shahih No.3117.

35. Bertaqarublah (mendekatkan diri) kepada Allah dengan amalan-amalan wajib dan sunnah, dan macam-macam ibadah yang lain, niscaya anda akan memperoleh pahala yang agung dan derajat yang tinggi serta anda termasuk dalam golongan wali-wali Allah yang tidak ada ketakutan dan kesedihan atas mereka, dikabulkan do`a, dihilangkan kesedihannya, dan hati-hati mereka dipenuhi dengan ketenangan dan ketentraman. Rasulullah e bersabda dalam hadits qudsi :
" Allah I berfirman : Barang siapa yang memusuhi kekasih-Ku maka Aku telah menyatakan perang terhadapnya, dan tidaklah seseorang dari hambaku bertaqarub (mendekatkan diri) dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada bertaqarub dengan hal-hal yang wajib, dan hamba-Ku terus menerus bertaqarub dengan yang sunnah sehingga Aku mencintainya, dan apabila Aku telah mencintainya maka Aku menjadi pendengaran yang dia mendengar dengannya, dan penglihatan yang dia melihat dengannya, serta tangannya yang dia memukul dengannya, dan kakinya yang dia berjalan dengannya, jika dia meminta kepada-Ku niscaya Aku kabulkan dan jika meminta perlindungan niscaya Aku lindungi". ( HR. Bukhari No : 6502 )

36. Jika anda melihat seorang muslim yang berpegang teguh terhadap agamanya, mentaati perintah Rabbnya, dan berpegang dengan aqidahnya, maka cepat-cepatlah untuk mencintainya dan menjadikanya sebagai teman karib, karena cinta karena Allah mempunyai derajat yang sangat tinggi, Rasulullah e bersabda : "Allah I berfirman : Orang-orang yang saling cinta-mencintai karena keagungan-Ku maka bagi mereka adalah mimbar-mimbar dari cahaya yang para nabi dan syuhada iri terhadap mereka." (HR. At-Tirmidzi. No. 1948).

37. Pandai-pandailah mengatur waktu. Karena jika anda tidak bisa mengaturnya dengan baik niscaya ia akan hilang sia-sia, padahal anda harus mengulang pelajaran - jika anda seorang siswi - dan wajib mengerjakan kewajiban keluarga atau kewajiban sebagai istri, harus banyak membaca dan menelaah serta bersilaturrami kepada kerabat dan handai taulan.

38. Bersilaturrahmi dapat mendatangkan barakah pada umur dan rizki. Maka gemarlah untuk bersilaturrahmi kepada saudara dan kerabat, dan hendaklah silaturrahmi itu dapat memberikan manfaat bagi mereka, maka ajaklah mereka untuk melakukan kebaikan-kebaikan serta menjauhi kejahatan dan dosa, Rasulullah e bersabda:
" Barangsiapa yang ingin dilapangkan rizkinya, dan dikenang kebaikan sepeninggalnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahminya."
( Muttafaq`Alaihi ).


39. Janganlah anda tertipu oleh banyaknya orang yang menyelisihi perintah Allah, dan orang yang enggan untuk taat kepada-Nya. Karena akan datang suatu hari dimana orang-orang dzalim akan gigit jari lantaran menyesali perbuatannya, dan orang-orang yang beriman akan berbahagia atas keselamatan mereka dari siksa Allah I dan menyaksikan kejadian-kejadian di hari kiamat seraya memegang catatan amalnya dengan tangan kanan dan membaca :
"Bacalah catatan amalku ini. Sesungguhnya aku yakin akan menemui tulisan perhitungan amalku" . (QS.al-Haaqqah :19-20)

40. Tanamkanlah rasa cinta dan kasih sayang dalam kalbu anda. Berlakulah kasih sayang dan lemah lembut terhadap sesama manusia dan juga hewan. Rasulullah e bersabda :
"Barangsiapa yang tidak mengasihi (sesama) maka ia tidak akan dikasihi (oleh Allah)" (HR. Bukhari). Di dalam suatu riwayat disebutkan bahwa :
"Ada seorang wanita yang disiksa karena ia mengurung seekor kucing sampai mati kelaparan maka ia masuk neraka akibat perbuatannya itu". (HR. Bukhari).

41.Hindarilah orang-orang yang mengajak kepada keburukan dan propaganda modernisme yang memanfaatkan kaki tangan mereka untuk merusak kaum muslimin. Mereka menggunakan segala sarana untuk menyebarkan pemahaman mereka. Ingatkanlah saudara-saudaramu agar tidak terjerumus ke dalam jaring-jaring dan tipu daya mereka.

42.Banggalah dengan agamamu yang agung dan mulia.
Firman Allah I :" Dan kamulah yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu benar-benar beriman".(Ali Imran : 139).


43. Perkaya wawasan keislaman anda dengan sering mendengarkan ceramah Islam dan seminar-seminar yang bermanfaat sekalipun hanya melalui kaset. Disamping itu bacalah majalah-majalah islami yang bermanfaat.

44. Sebarkanlah kebajikan, kebenaran, budi pekerti yang mulia, dan ilmu yang bermanfaat di rumah, di sekolah, dan juga kepada teman-teman dan sanak saudaramu.

45. Bekerja-samalah dalam mengerjakan pekerjaan rumah.
Karena hal itu merupakan kebajikan Hindarilah sifat malas dan bersantai-santai.


46. Banyaklah tersenyum, karena ia merupakan amalan yang ringan dan tidak membebani anda sedikitpun dan pada saat yang sama orang lain akan merasa senang kepadamu dan tentu anda akan mendapatkan pahala yang baik disisi Allah. Rasulullah e bersabda :
"Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah". (HR. Tirmizi)


47. Jauhilah sifat pemarah dan emosional
Dari Abu Hurairah t bahwa ada seorang lelaki berkata kepada Rasulullah e : "Berilah wasiat kepadaku ! " Rasulullah e bersabda : " Jangan marah". Lalu orang itu mengulangi pertanyaannya, tapi Rasulullah tetap menjawab : " Jangan marah" (HR. Bukhari)
Ketahuilah sifat marah itu berasal dari syaithan sebagaimana sabda Nabi e:
"Sesungguhnya marah itu datangya dari syaithan. Dan ia diciptakan dari api, dan api dapat dipadamkan dengan air, maka jika salah seorang dari kalian marah maka berwudlulah" ( HR. Ahmad).


48. Jauhilah sifat suka meniru gaya hidup orang kafir dalam berpakaian, makan, minum maupun yang lainnya. Rasulullah e bersabda :
"Barang siapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk golongan mereka".
(HR. Abu Daud)


49. Jangan melalaikan kewajiban sholat dengan mengulur-ulur waktu karena alasan sibuk atau asyik dengan pembicaraan yang tak bermanfaat, lebih-lebih kalau mereka berada di pesta-pesta pernikahan atau acara-acara yang lain. Allah I berfirman :
"Maka celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya"
. (QS. Al Ma'un:4-5)

50. Puasa itu mempunyai kedudukan yang tinggi dan pahala yang besar di sisi Allah. Sebagaimana puasa juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyucian jiwa dan melatih perasaan, maka biasakanlah dirimu untuk berpuasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis, tiga hari setiap bulan, puasa Syawal serta puasa-puasa sunnah yang lain.

Nah... !!! Itulah beberapa nasihat dan petunjuk dari saya apabila anda mempraktikkannya dan berusaha untuk menjaganya dalam kehidupan sehari-hari niscaya anda akan mendapatkan kenikmatan yang sangat luar biasa. Yang akan merubah kesengsaraan menjadi kebahagiaan, kesusahan menjadi kesenangan, bahkan anda akan merasakan adanya pandangan lain terhadap kehidupan ini dibanding sebelumnya.
SELAMAT MENCOBA..

Semoga Berhasil...!!!

0 comments:

Post a Comment