Follow me on Twitter RSS FEED

Otak

Posted in
Otak Merupakan bentuk fisik pikiran kita, secara sederhana otak dapat dibagi atas 2 (dua) bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Masing-masing bagian ini mempunyai fungsinya tersendiri.

Otak kiri berfungsi mengatur dan mengontrol tubuh bagian kanan dan otak bagian kanan mengatur dan mengontrol tubuh bagian kiri, luka pada otak kiri dapat menyebabkan kelumpuhan tubuh bagian kanan dan sebaliknya.

Penelitian para ahli mempelajari tentang otak kiri dan otak kanan dengan mengukur gelombang otak yang berasal dari pikiran yang sedang melakukan aktivitas yang berbeda, memberi kesimpulan sebagai berikut*:

Otak kiri menangani angka, susunan logika, organisasi dan hal-hal lain yang memerlukan pemikiran rasional berdasar dengan pertimbangan yang deduktif dan analitis. Otak kiri menfokuskan diri pada garis dan rumus, mengabaikan kepelikan tentang warna dan irama.


Otak kanan mengurus dimensi yang berbeda——-mimpi, warna, ritme, musik dan proses pemikiran lain yang memerlukan kreativitas, imajinasi yang hidup, orisinalitas, daya cipta dan bakat artistik. Pemikiran otak kanan tidak begitu tegang, kurang terikat oleh parameter ilmiah dan matematis. Otak kanan menfokuskan diri pada rupa dan bentuk, warna-warni dan kelembutan, mengabaikan ukuran dan dimensi.

Dan telah diketahui bahwa orang yang semata-mata menggunakan satu sisi otak saja sering kali mengalami kesulitan dalam menggunakan sisi otak yang lain. Dan mereka mengalami keterbatasan kemampuan untuk berpikir di luar batas rasional yang telah diajarkan, akibatnya menjadi orang yang berpikir dengan dimensi tunggal.

Untuk meningkatkan daya pikir dan kreativitas pikiran, otak harus sering digunakan, semakin sering otak digunakan untuk memikirkan sesuatu, semakin banyak dan semakin kuat susunan jaringan yang tumbuh di dalam sel otak, kemampuan berpikir dari seseorang tergantung pada susunan jaringan yang terdapat di dalam sel otak. Para ahli memperkirakan di dalam otak terdapat jutaan sel otak pada masing-masing bagian otak dan di dalam setiap sel otak terdapat jaringan yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Jaringan ini tumbuh dari getaran otak pada* saat orang berpikir. Para ahli berpendapat bahwa pemakaian otak manusia masih kurang dari 1 (satu) persen. Dan kalau dapat menggunakan ke dua bagian otak pada saat yang bersamaan, maka daya kreativitas otak akan bertambah.

Salah satu cara yang mungkin bisa digunakan untuk melatih ke dua sisi otak bekerja berpikir bersamaan, yaitu dengan cara pada saat belajar matematika sambil mendengarkan lagu yang lembut dan merdu. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber: http://community.siutao.com/showthread.php?t=5874

0 comments:

Post a Comment