Follow me on Twitter RSS FEED

Permulaan yang baik adalah separuhnya sukses

Ditulis oleh CGJ, pada tangga 10 Juni 2009.

Banyak peristiwa, persoalan atau pekerjaan dilakukan begitu saja tanpa melalui suatu perencanaan terlebih dahulu, kadang-kadang dapat mendatangkan hasil yang gemilang dan kadang-kadang juga tidak memadai.

Manusia pada umumnya mengharapkan dengan melakukan pekerjaan yang seringan atau seminim mungkin, bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin, itu sebabnya banyak pekerjaan yang dilakukan tanpa melalui perencanaan yang matang, sehingga hasilnya juga sering tidak sesuai.


Kalau kita akan melakukan suatu pekerjaan, sebelumnya dapat kita rencanakan secara matang, dengan mempelajari pekerjaan tersebut lebih seksama, menganalisanya lebih teliti dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi baik dari sisi positif maupun dari sisi negatifnya, niscaya pekerjaan tersebut akan mendatangkan hasil mendekati seperti yang diinginkannya semula, walaupun nanti bisa saja terjadi penyimpangan, akan tetapi penyimpangan tersebut akan lebih mudah diketahui, lebih mudah dipantau serta lebih mudah dikontrol, karena semuanya sudah dipikirkan sebelumnya. Dengan demikian hasil yang diperoleh nanti akan mendekati rencana semula.

Dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melaksanakan suatu pekerjaan, dapat dikatakan adalah suatu permulaan yang baik. Permulaan yang baik ini akan mendatangkan hasil yang lebih baik pula, permulaan yang baik ini sudah merupakan separuhnya sukses

0 comments:

Post a Comment